DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS XI MAN 1 PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Ruswijaya, Lukman
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 08:05:30 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa pada saat pembelajaran daring. Saat pembelajaran daring ini berlangsung siswa yang kurang memiliki motivasi dan kemandiran belajar akan terkesan menyepelekan dan tidak berantusias dalam pembelajaran. Pembelajaran secara daring dibutuhkan motivasi dan kemandirian siswa yang tinggi dalam belajar, hal ini dikarenakan peran guru saat pembelajaran berlangsung yang terbatas tidak seperti pada saat pembelajaran luring. Dengan adanya motivasi belajar siswa maka diharapkan terbentuknya kemandirian siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Pati. Sampel yang digunakan sebanyak 78 siswa yang berasal dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen motivasi belajar dan kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa. Hasil ini dibuktikan dengan uji korelasi pearson product moment. Sehingga dapat dikatakan bahwa ?ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI MAN I Pati?. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka kemandirian belajar siswa juga tinggi. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang