DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELOMPOK A TK PERTIWI BENDOSARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ASTUTI, RINDA INDRIYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 08:06:00 
Abstract :
Rinda Indriya Astuti, ?Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning Kelompok A TK Pertiwi Bendosari?, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dr. Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd dan Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd, M.Pd, Maret, 2023. Kemampuan berpikir kritis siswa kelompok A di TK Pertiwi Bendosari masih rendah karena belum dapat memahami dan menganalisis masalah, menentukan solusi an membuat kesimpulan dari permasalahan yang diberikan. Kemampuan berpikir kritis dapat mendorong siswa memunculkan ide atau pemikiran baru mengenai permasalahan tentang dunia dengan melatih bagaimana menyeleksi berbagai pendapat untuk membedakan pendapat yang relevan dan tidak relevan atau pendapat yang sesuai dan tidak sesuai, sehingga siswa mampu membuat kesimpulan dengan mempertimbangkan data dan fakta yang terjadi di lapangan. Problem Based Learning digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki dan memecahkan masalah serta melatih siswa untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahannya, dimana dalam pelaksanaannya siswa akan dibawa ke dalam suatu persoalan dan dituntut untuk ikut aktif dalam mencari penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah dengan menekankan kepada pentingnya pemahaman struktur, atau ide-ide yang penting terhadap suatu disiplin ilmu. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui Model Problem Based Learning kelompok A di TK Pertiwi Bendosari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus secara berulang yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pertiwi Bendosari, yang terdiri 4 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan dengan analisis deskriptif yang bersifat kuantitatif dan dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan adanya peningkatan pada siklus 1 sebanyak 29% dan pada siklus 2 menjadi 86%. Hal ini menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok A TK Pertiwi Bendosari Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian ini diharapkan mampu melengkapi penelitian-penelitian mengenai upaya meningkatkan kemampuan berpikir anak usia dini melalui model Problem Based Learning dan menjadikan masukan bermanfaat bagi penulis selaku guru, sekolah, orang tua dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik. Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, Problem Based Learning 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang