DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS III SDN 02 KROMPENG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
JANAH, RIZQIATUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 01:56:30 
Abstract :
Konteks penelitian ini yaitu kurangnya literasi siswa sekolah dasar. Alasan peneliti mengambil judul skripsi ini karena siswa kelas III SDN 02 Krompeng masih mengalami kesulitan membaca dan menulis. Hal tersebut dikarenakan metode mengajar guru masih monoton dan hasil ulangan harian yang naik turun. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurangnya literasi pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media lagu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SD Negeri 02 Krompeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu untuk menganalisis serta mendeskripsikan penggunaan media lagu. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 02 krompeng. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Sementara untuk metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian, mendeskripsikan bahwa guru menggunakan media lagu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti pada pembelajaran di kelas, guru menggunakan jenis media lagu live music yaitu bermain gitar dan bernyanyi secara langsung di depan siswa siswanya. Selain itu guru menggunakan media berupa tulisan lirik lagu yang sudah di print dan ditempel di depan papan tulis, agar siswa mudah melihat lirik lagu dengan jelas. Respon siswa ketika menggunakan media lagu tersebut mereka merasa ceria, lebih aktif ketika pembelajaran, dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Untuk meningkatkan literasi siswa, dibuktikan dengan adanya pemahaman siswa dalam membaca, memberikan kesempatan siswa dalam menulis, mengenalkan huruf, mengenal nama-nama alfabet, dan dapat meningkatkan keterampilan fonologis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru kelas III SDN 02 Krompeng agar terus memperdalam wawasan serta pengetahuan tentang penggunaan media lagu baik melalui referensi bacaan, youtube, maupun mengikuti pelatihan agar memperoleh informasi media yang efektif dalam pembelajaran. Adapun saran kepada penulis agar tidak berpuas diri sampai disini dan melanjutkan menulis karya ilmiah di lain kesempatan pada jenjang yang lebih tinggi dan lingkup yang lebih luas serta dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang