DETAIL DOCUMENT
ANALISIS WELL-BEING CONCEPT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP KABUPATEN PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nikmah, Citra Khoerun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 01:57:40 
Abstract :
Masih banyaknya siswa yang tidak bersemangat ketika mengikuti pembelajaran, mengharuskan sekolah menerapkan Well-Being Concept dengan berlandaskan indikator Well-Being Concept yaitu Having, Loving, Being, dan health. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Well-Being Concept di smp negeri dan swasta yang terletak di tengah kota dan pinggir kota di kabupaten Pati. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati, khususnya pada Kelas VIII sejumlah 277 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Dalam penelitian menggunakan instrumen berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Well-Being Concept di Kabupaten Pati pada pembelajaran biologi termasuk kedalam kategori "tinggi" dengan nilai rata-rata 77. Penerapan Well-Being Concept pada tiap sekolah diperoleh nilai rata- rata tertinggi yaitu SMP Negeri 1 Pucakwangi sebesar 76 termasuk kedalam kategori "tinggi", SMP Negeri 3 Pati sebesar 74 termasuk kedalam kategori "tinggi", SMP Kanisius Juwana sebesar 79 termasuk kedalam kategori "tinggi", dan SMP Kanisius Pati sebesar 78 termasuk kedalam kategori "tinggi". Penerapan well- being concept sudah termasuk kategori cukup dengan nilai rat-rata yang bervariasi dipengaruhi oleh status sekolah dan letak geografis sekolah. Kata Kunci : well-being concept, Having, Loving,Being, Health 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang