DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK.B DI TK. KARANGSARI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Riyanah, Riyanah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 01:57:51 
Abstract :
RIYANAH NPM 20156046 ?Upaya Meningkatkan Ketrampilan Sosial Emosional Aanak TK.B TK.KARANGSARI, Kecamatan Semarang Tengah , Kota Semarang Tahun pelajaran 2022/ 2023 ?Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh Munawar, S.Pi,.M.Pd, .Dosen Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan dilapangan masih rendahnya ketrapilan sosial emosional pada anak. Masalah dalam penelitian ini tentang upaya meningkatkan ketranpilan sosial emosional anak TK.B di TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang , tahun pelajaran 2022/2023 . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan sosial emosional melalui permainan tradisionalpada anak TK.B di TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data pengumpulan data berupa perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah sebanyak 13 anakTK.B TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 .Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan ketrampilan sosial emosional anak pada siklus I perkembangan ketrampilan sosial emosional anak mencapai presentase 23% yaitu 3 anak yang berkembang sangat baik dan siklus II perkembangan ketrampilan sosial emosinal anak meningkat mencapai 85 % yaitu 11 anak yang berkembang sangat baik . Perkembangan ketrampilan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang signifikan indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal .Hasil hipotesis yang berbunyi ketrampilan sosial emosional meningkat melalui permainan tradisional pada anak TK.B TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketrampilan sosial emosional anak meningkat melalui permainan tradisional . Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya anak TK / PAUD diperkenalkan dengan permainan tradisional secara potimal untuk meningkatkan ketrampilan sosial emosional pada anak. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang