DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Andono, Roma Sukro
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:00:40 
Abstract :
Penelitian Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 5 Semarang dilatar belakangi oleh ditemukannya siswa yang masih memiliki sifat malu-malu sehingga sulit mengungkapkan pendapatnya ketika ditanya oleh guru pengajar dan belum bisa mengungkapkan perasaan dengan jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 5 Semarang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 133. Kelas X TKRO 2 dengan jumlah 32 siswa digunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 101 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,317, sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 101 adalah 0,195. Oleh karena itu nilai r hitung ? r tabel atau 0,317 ? 0,195 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri siswa kelas X SMK N 5 Semarang. Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai r hitung yang didapat bernilai positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika komunikasi interpersonal tinggi maka kepercayaan siswa tinggi dan sebaliknya jika komunikasi interpersonal rendah maka kepercayaan diri siswa juga rendah. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang