DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 GAYAMSARI KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Wardani, Riza Kusuma
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:00:24 
Abstract :
RIZA KUSUMA WARDANI. NPM 16120090. ?Analisis Kesulitan Belajar Operasi Bilangan Cacah penjumlah kelas III Di SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I M Yusuf Setia Wardana S.Pd. M. Pd. dan Pembimbing II Ferina Agustina S.Pd. M.Pd. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek sebagai informan kunci adalah Kepala sekolah, sedangkan informan pelengkap adalah guru Kelas III dan perwakilan siswa. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data digunakan model interaktif gaya Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan, serta triangulasi debagai keabsahan. Konteks penelitian melakukan penelitian mengenai kesulitan belajar operasi hitung penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas III di SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang, melihat masalah ini sangat penting untuk diteliti. Kesulitan belajar operasi hitung penjumlahan bilangan cacah harus segera diatasi, karena jika kesulitan ini berlanjut, maka siswa akan mengalami banyak kesulitan pada materi-materi selanjutnya, dan membuat siswa takut dan tidak suka dengan pelajaran matematika. Penelitian ini terfokus pada masalah: bagaimana kesulitan belajar operasi penjumlahan bilangan cacah yang dialami siswa kelas III SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru kelas III, siswa yang mengikuti pembelajaran dikelas. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan Berdasar hasil wawancara dari Kepala sekolah, Guru dan siswa sebagai informan kunci ditambah dengan hasil wawancara kepada guru kelas III dan kedua siswa sebagai berwakilan, maka dapat dilakukan pembahasan seperti berikut ini. 1. Proses pelaksanaan pembelajaran operasi penjumlahan bilangan cacah Proses pembelajaran selalu berkaitan dengan kompetensi, yaitu kapasitas untuk melakukan sesuatu yang dihasilkan dari proses pem-belajaran. Selama proses pembelajaran, stimulus akan bergabung dengan isi memori yang menyebabkan terjadinya perubahan kapasitas untuk melakukan sesuatu. Dalam proses pembelajaran, hal yang tidak dapat ditinggalkan darinya adalah berkaitan dengan perencanaan. Perencanaan adalah tahap awal yang harus dilalui guru pada setiap proses pembelajaran. Pada tahap ini guru mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan materi pembelajaran, agar proses pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat berjalan secara efektif dan efisien, hal ini diharapkan akan memberikan hasil belajar yang baik dan maksimal, sementara anak didik juga ikut aktif dalam aktivitas belajar. Simpulan penelitian diperoleh bahwa: 1) proses pembelajaran Matematika Sub Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah telah dilakukan sesuai kompetensi guru,, yaitu guru memberikan konsep perubahan lebih maju pada siswa dengan penerapan pendekatan, strategi dan model pembelajaran yang diawali dengan perencanaan matang; 2) hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Sub Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah telah memenuhi KKM, bahkan ada sebagian siswa yang hasil belajarnya di atas KKM yang ditetapkan sekolah; 3) kendala yang dihadapi, karena kurangnya perhatian dan pendampingan belajar dari orang tua; dan 4) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 1) untuk siswa dilakukan melalui pembelajaran secara berulang-ualng dengan materi yang sama, memperbanyak latihan, dan kadang ada jam tambahan pada sore hari; dan 2) untuk orang tua, sekolah memberikan surat kepada orang tua agar melakukan pendamingan ketika anak sedang belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang