DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Khanifah, Rizka Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:06:46 
Abstract :
RIZKA NUR KHANIFAH, NPM 19120147, ?Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas III Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pengembangan model permainan berbasis outbound ini didasari oleh permasalahan seperti kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran, beberapa siswa belum bisa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, dan model permainan belum maksimal diterapkan. Hal tersebut disebabkan kurangnya model pembelajaran yang bervariasi dalam mengoptimalkan karakter tanggung jawab sesuai dengan karakteristik siswa. Maka dari itu untuk memecahkan permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter tanggung jawab. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanaii iipengembangan iimodel iipermainan berbasis outbound siswa kelas III Sekolah Dasar? 2) Bagaimana penanaman karakter tanggung jawab melalui permainan berbasis outbound iisiswa kelas III Sekolah Dasar? 3) Bagaimana kelayakan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter tanggung jawab melalui permainan berbasis outbound iisiswa kelas III Sekolah Dasar? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan permainan berbasis outbound, menganalisis karakter tanggung jawab, dan kelayakan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa kelas III Sekolah Dasar Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III SD Negeri Bandungrejo 2. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian kelayakan diperoleh dari validasi model dan materi. Hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi model adalah 87% dan 88% dengan kriteria ?sangat layak? dan hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi adalah 88% dan 96% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil angket respon siswa kelas III SD Negeri Bandungrejo 2 mendapatkan persentase nilai sebesar 96% dengan kriteria ?sangat layak? dan angket tanggapan guru kelas III SD Negeri Bandungrejo 2 mendapatkan persentase nilai sebesar 90% dengan kriteria ?sangat layak?. Kemudian hasil lembar observasi memperoleh hasil 90% dengan kategori ?sangat layak?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa kelas III SD Negeri Bandungrejo 2 layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model permainan berbasis outbound dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk menunjang karakter tanggung jawab siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang