DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Kusumawati, Rosita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:19:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir kognitif reflektif dan impulsif siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan angket gaya kognitif, yaitu 1 siswa dengan gaya berpikir kognitif Reflektif, dan 1 siswa dengan gaya berpikir kognitif Impulsif. Tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan siswa dengan gaya berpikir kognitif reflektif mampu menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar dan cenderung tidak mengalami kesulitan dalam memahami masalah, menerjemahkan masalah, dan menentukan stategi untuk menjawab suatu masalah. Sedangkan siswa dengan gaya berpikir kognitif impulsif tidak mampu menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar dan memiliki kesulitan dalam memahami masalah, mengalami kesulitan dalam menerjemahkan masalah, mengalami kesulitan dalam menentukan strategi. Kata Kunci : Analisis, Kesulitan, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang