DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI HABITUASI SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 MONTONGSARI KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MAGHFIROH, SITI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:15:15 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dampak globalisasi. Salah satu dampak negatif dalam dunia pedidikan antara lain maraknya bullying, tawuran antar pelajar dan kasus pelecehan seksual terhadap anak merupakan kelemahan karakter bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana habituasi atau pembiasaan yang diterapkan SD Negeri 1 Montongsari Kendal dalam membentukan profil pelajar Pancasila? (2) bagaimana karakter profil pelajar Pancasila siswa kelas VI SD Negeri 1 Montogsari Kendal? (3) apa saja hambatan dan pendukung dalam pembentukan profil pelajar Pancasila melalui habituasi atau pembiasaan pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Montongsari Kendal?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pembiasaan yang diterapkan di SD Negeri 1 Motongsari Kendal, faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penggerak, dan siswa kelas VI SD Negeri 1 Montongsari Kendal dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu bahwa SD Negeri 1 Montongsari Kendal telah melaksanakan berbagai macam habituasi dalam membentuk profil pelajar pancasila. Habituasi yang dilaksanakan disesuaikan dengan enam ciri utama profil pelajar Pancasila antara lain: Beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong-royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif keenam ciri utama tersebut saling berkaitan satu degan yang lainnya sehingga membentuk karakter yang mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kesehariannya. Penerapan pembiasaan dilakukan melalui program-program yang telah di rancang sebelum tahun ajaran baru dimulai. Program pembiasaan tersebut terbagi atas pembiasaan terprogram, pembiasaan rutin dan pembiasaan spontan. Habituasi yang dilaksanakan secara rutin juga berdampak baik pada karakter sebagai pelajar Pancasila. Namun meskipun demikian masih ada beberapa peserta didik yang karakternya masih belum baik. Hal ini disebabkan karena masih banyak hambatan-hambatan yang dialami oleh guru. Selain hambatan terdapat pula banyak faktor pendukung dalam mengimplementasikan habituasi dalam membentuk profil pelajar Pancasila. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan program guru penggerak aktif menjadi penggerak. Hal ini dapat dilakukan dengan upgrade kompetensi diri yang dimiliki dengan pelatihan-pelatihan agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang