DETAIL DOCUMENT
STUDI ANALISIS GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 PODO KABUPATEN PEKALONGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MAZIDA, MALA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:38:49 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih mengalami sejumlah kebingungan dalam pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka yang masih baru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Podo Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas I dan IV SD Negeri 02 Podo Kabupaten Pekalongan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesiapan guru secara keseluruhan guru sudah mengikuti pelatihan mengenai implementasi Kurikulum Merdeka. Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka SD Negeri 02 Podo sudah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Kurikulum Merdeka meski belum secara maksimal. Dilihat dari analisis data yang telah dilakukan, tingkat keterlaksanaan dalam standar pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka sudah terlaksana dengan baik. Hasil analisis telaah modul ajar dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan kepada empat guru menunjukkan bahwa keempat guru sangat baik dalam telaah modul ajar dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan rentang nilai yang berbeda-beda. Kekurangan yang ditemukan dalam penyususnan Modul Ajar belum memuat soal HOTS serta dalam pelaksanaan pembelajaran masih kurangnya literasi pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya melakukan monitoring dan pelatihan yang berkelanjutan terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka, meningkatkan gerakan lierasi di sekolah agar kualitas penyelenggaraan pembelajaran di SD Negeri 02 Podo Kabupaten Pekalongan dapat dipertahankan bahkan mampu ditingkatkan secara terus menerus. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang