DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Indriyani, Rosa Septiana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:40:55 
Abstract :
Self-efficacy yang dimiliki oleh siswa dapat dikatakan memengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Semakin tinggi tingkatan self-efficacy yang dimiliki siswa, maka akan semakin tinggi pula kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS dalam tingkatan self?efficacy yang dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI MA di Kabupaten Pati yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan angket self-efficacy. Hasil angket dari 29 siswa diambil sebanyak enam siswa dengan masing-masing dua siswa memiliki tingkatan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi turunan fungsi aljabar dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan melakukan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan capaian tahapan teori APOS dari masing-masing tingkatan self-efficacy. Siswa yang memiliki tingkatan self?efficacy tinggi cenderung mampu untuk mencapai semua tahapan teori APOS. Siswa dengan tingkatan self-efficacy tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator pemahaman konsep. Siswa dengan tingkatan self-efficacy sedang mampu mencapai tahap objek dalam tahapan teori APOS. Sedangkan siswa dengan tingkatan self-efficacy rendah hanya mampu mencapai tahap proses dalam tahapan teori APOS. Kata kunci : Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pemahaman Konsep, Teori APOS, Self-Efficacy. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang