DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PENADARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
OKTAVIA, MARGARETA LULUK
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:42:10 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Penadaran yang cenderung rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pasca pandemi Covid-19 yang membuat kegiatan mengajar belajar secara tatap muka masih terbatas, kurangnya kesadaran orangtua dalam memperhatikan atau membimbing anaknya untuk belajar ketika di rumah, dan masih ada siswa yang belum lancar dan lambat membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre?Experimental Design dengan jenis One Group PreTest ? Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Penadaran tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan terlihat precentage ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkat. Hasil pretest yang diperoleh sebesar 48% atau sejumlah 13 siswa yang tuntas dan diperoleh sebesar 52% atau sejumlah 14 siswa yang belum tuntas. Sedangkan berdasarkan hasil posttest diperoleh sebesar 100% atau semua siswa yang berjumlah 27 siswa yang tuntas. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji-t thitung (6,741) > ttabel (2,056) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Setelah diketahui hasil dari uji-t maka selanjutnya dilakukan perhitungan uji N-Gain yang diperoleh rata-rata sebesar 0,75 dan precentage 75,03% yang disesuaikan dengan indeks N-gain hasil tersebut termasuk dalam kategori tinggi atau memiliki tingkat efektivitas yang efektif. Kesimpulannya yaitu penerapan model pembelajaran Word Square memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Penadaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Word Square dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang