DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAKEBU (PAPAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA) MATERI IPS KELAS IV SD N 03 PENADARAN GUBUG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SEPTIANA, MARIA DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:46:29 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan model-model pembelajaran. Akibatnya pembelajaran kurang aktif dan pemahaman peserta didik terhadap materi IPS kurang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar media pembelajaran pakebu dapat menanamkan konsep pemahaman siswa kelas IV SDN 03 Penadaran? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi keanekaragaman budaya dengan menggunakan media pembelajaran pakebu dalam pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD Research and Development dalam bentuk pengembangan media kongkrit yang diciptakan oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Penadaran 03 Gubug. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV. Semua anggota digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian angket, dokumentasi, observasi. Media pakebu mendapatkan nilai 94% dari ahli media Rofian, S.Pd., M.Pd, dan 95% dari ahli materi Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. Hasil penelitian pemahaman siswa terhadap materi keanekaragaman budaya dengan menerapkan media pekebu memperoleh nilai 95%, respon guru SD N Penadaran 03 Gubug terhadap media pembelajaran pakebu mendapatkan nilai 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disimpulkan adalah supaya media pembelajaran pakebu dapat digunakan sebagai media belajar yang mampu membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih bervariasi. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang