DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA KONKRIT DIGITAL BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SD NEGERI SUMURREJO 02 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FADHILA, SEKAR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:52:03 
Abstract :
Hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis bersama guru kelas 5 SD Negeri Sumurrejo 02 Semarang dapat disimpulkan bahwa beberapa mata pelajaran yang dirasa sulit dipahami siswa adalah IPA dikarenakan penggunaan media pembelajaran konkrit yang masih minim sehingga menyebabkan konsentrasi siswa menjadi rendah. Selain itu siswa lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan media digital. Maka dari itu sekolah memerlukan media konkrit digital yang praktis untuk membantu proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pengembangan media konkrit digital yang berkaitan dengan mata pelajaran IPA yaitu pada materi sistem peredaran darah manusia. Sesuai dengan masalah yang telah diuraikan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik pengembangan media pembelajaran konkrit digital berbasis saintifik pada materi peredaran darah manusia untuk kelas 5? 2) Bagaimana kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran konkrit digital berbasis saintifik pada materi peredaran darah manusia untuk kelas 5? 3)Bagaimana respon siswa kelas 5 terhadap media pembelajaran konkrit digital berbasis saintifik pada materi sistem peredaran darah manusia? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kevalidan, kepraktisan dan respon siswa terhadap media konkrit digital pada materi sistem peredaran darah manusia kelas 5 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Produk media konkrit digital ini telah diimplementasikan dan diujikan di SD Negeri Sumurrejo 02 Semarang. Media konkrit digital berbasis saintifik memperoleh hasil validasi media sebesar 96,05% dengan kriteria ?sangat layak? dan hasil validasi materi sebesar 91,53% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil angket respon siswa memperoleh persentase nilai 93,1% dengan kriteria ?sangat baik?. Dapat disimpulkan bahwa media konkrit digital berbasis saintifik pada materi sistem peredaran darah manusia valid dan layak digunakan dikelas 5 Sekolah Dasar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang