DETAIL DOCUMENT
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (E-BOOK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI KB ABA 1 MRANGGEN SELAMA BELAJAR DARI RUMAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Adawiyah, Roudhotul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 02:56:49 
Abstract :
ROUDHOTUL ADAWIYAH. NPM 20156036. ?Pemanfaatan media audio visual ( e-book ) dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di KB ABA 1 mranggen selama belajar dari rumah tahun pelajaran 2021/2022? Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I DR. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen pembimbing II Dwi Prasetyawati, D.H, S.Pd., M.Pd. Yang melatar belakangi dalam mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa ekspresif pada anak. ini disebabkan kurangnya media yang menarik dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berbicara melalui media Audio Visual (E-Book) di KB ABA 1 Mranggen tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini di buat dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media Audio Visual (E-Book) di KB ABA 1 Mranggen Demak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kurt Lewin. Adapun Subjek penelitian berjumlah 20 anak yang terdiri dari 7 laki laki dan 13 perempuan. penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini digunakan teknik Pengumpulan data berupa lembar observasi (Cecklist) dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak dapat dikatakan berhasil apabila presentase kemampuan bahasa ekspresif anak mencapai 75 %. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media Audio Visual (E-Book) dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada KB ABA 1 Mranggen Demak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak dari pra tindakan sebesar 20 % pada siklus I meningkat sebesar 45% dan pada siklus 2 meningkat sebesar 80 %. Kesimpulannya yaitu bahwa media Audio Visual (E-Book) dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media Audio Visual (E-Book) yang lebih beragam dalam kegiatan pembelajaran bahasa yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang