DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS 8 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RIFADA, MAULA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:04:35 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan terdapat faktor pendukung dan penghambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peran guru PPKn dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kelas 8 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Semarang. Tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran guru PPKn dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kelas 8 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Semarang. Teknik dan instrument pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu pembentukan karakter peserta didik sesuai nilai?nilai Pancasila dilakukan dengan cara guru PPKn memberi sikap, teladan baik agar siswa mempunyai karakter baik, di kelas 8 karakter siswa sudah sesuai nilai Pancasila, guru dan siswa memiliki faktor pendukung dan penghambat, guru PPKn dalam pembentukan karakter sudah melaksanakan peran didalam kelas atau diluar kelas dengan baik. Simpulan penelitian ini pembentukan karakter sesuai nilai Pancasila dilakukan dengan guru memberi teladan baik, terdapat faktor pendukung dan penghambat, guru PPKn melaksanakan peran dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai nilai Pancasila dengan baik. Saran penelitian untuk guru, guru harus melaksanakan pembentukan karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila setiap hari dan memberi contoh teladan baik. Untuk siswa, siswa harus pintar dalam memilih pertemanan. Ketika di lingkungan sekolah, tempat tinggal harus bisa melaksanakan pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Karakter, Nilai-Nilai Pancasila 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang