DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PADA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN ANGKATAN LOR 03 KABUPATEN PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WATI, DEWI WIDYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:12:38 
Abstract :
DEWI WIDYA WATI. NPM 19120435. ?Analisis Penggunaan Media Papan Perkalian Pada Materi Perkalian Kelas II di SDN Angkatan lor 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.? Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Dosen Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. Dosen Pembimbing II Drs. Kiswoy, MM.2023 Konteks penelitian yang melatar belakangi penelitian ini adalah pada pembelajaran tematik media sangat penting dalam perangkat pembelajaran guna mendukung tercapainya suatu materi yang diberikan agar siswa bisa berfikir konkrit tidak lagi abstrak ketika guru sedang menerangkan materi atau pelajaran tersebut pada pembelajaran matematika menggunakan media papan perkalian siswa menjadi paham,dalam hal ini peserta didik bisa berpikir langsung memechkan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana media papan perkalian berpengaruh dalam materi perkalian di SDN Angkatan lor 03. Tujuan diajarkannya matematika pada materi perkalian agar siswa mudah dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta diharapkan siswa dapat mengetahui simbol matematika dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Angkatan lor 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Sasaran penelitian mengenai media papan perkalian pada materi perkalian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara meningkatkan ketekunan,triangulasi dan pengamatan. Sedangkan teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan perkalian dapat mendorong siswa untuk mempermudah konsep yang komplek menjadi sederhana serta menambah daya serap siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran siswa lebih fokus,aktif dan response dan rasa ingin tahu siswa lebih meningkat. Dapat dijelaskan bahwa media papan perkalian mampu meningkatkan belajar siswa dengan hasil presentase pada angket mencapai 85,19% dengan jumlah peserta didik 23 anak mencapai kriteria sangat baik, 11,11% dengan jumlah peserta didik 3 anak mencapai kriteria baik dan 3,70% dengan jumlah peserta didik 1 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran diharapkan guru lebih inovatif menggunakan media pembelajaran. Karena media pembelajaran sendiri sangat effektif untuk belajar siswa menjadikan tertarik mengikuti pembelajaran. Agar tercapainya pembelajaran yang maksimal. Kata kunci : Penggunaan Media,Media Papan Perkalian,Materi Perkalian 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang