DETAIL DOCUMENT
DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK BAGI PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK JENJANG SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Dewi, Salsabila Friestia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:16:24 
Abstract :
SALSABILA FRIESTIA DEWI NPM 17120170. ?Dampak Penggunaan TikTok Bagi Perkembangan Perilaku Anak Jenjang Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing I Dr. Joko Siswanto, S. Pd., M. Pd. Dosen Pembimbing II Soekamto, S. Pd., M.Pd. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi yang berdampak dengan aktivitas peserta didik yang bermain telepon genggam dan dapat mengakses semua informasi di sosial media. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana dampak penggunaan TikTok bagi perkembangan perilaku anak jenjang sekolah dasar??. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan TikTok bagi perkembangan perilaku anak jenjang sekolah dasar siswa kelas V dan VI SD Negeri 02 Margorejo Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SD Negeri 02 Margorejo Pati tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi Hasil analisis menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak yang positif maupun negatif bagi perkembangan perilaku siswa dengan memperhatikan aspek dan indikator kepentingan yang berlaku. TikTok akan memberikan dampak positif jika penggunaannya diorganisir dan didampingi orang tua dengan intensitas yang singkat, sedangkan TikTok akan berdampak negatif jika penggunaan TikTok tanpa adanya pendampingan dari orang tua dan tanpa adanya batasan usia dan lama penggunaan untuk anak, sehingga dapat mempengaruhhi waktu belajar dan bermain dengan lingkungan sekitar. Saran untuk anak membentuk perilaku yang baik adalah dengan koordinasi yang cukup antara wali murid dengan wali kelas yang bertanggung jawab di kelas, supaya antara wali kelas dan wali murid dapat mengetahui perkembangan anak di berbagai suasana. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang