DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK ISLAM DAARUS SALAAM GAYAMSARI TAHUN AJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Maghfiroh, Sarfiatul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:28:48 
Abstract :
SARFIATUL MAGHFIROH. NPM 20156040 ?Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Darus Salaam Gayamsari Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Bahasa anak, bahkan yang dapat menguasai bahasa, itupun masih sebatas menyimak dan menirukannya kembali. Dalam menyampaikan secara benar dan tepat, mereka harus menyimak secara berulang-ulang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang upaya meningkatkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darus Salaam Gayamsari Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darus Salaam Gayamsari Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jenis Peneliatian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak TK Islam Darus Salaam Gayamsari berjumlah 12 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksaaan, observasi, dan refleksi. Peningkatan kemampuan Bahasa anak berhasil apabila persentasi kemampuan bahasa anak mencapai 75%. Hasil penelitian dengan menggunakan dua siklus diperoleh peningkatan kemampuan Bahasa anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan Bahasa anak dari prasiklus 25% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 42% dan pada siklus II meningkat sebesar 83% . Kesimpulannya bahwa kemampuan bahasa anak meningkat melalui metode kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode bermain kelompok dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru TK dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang