DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL CERITA RAKYAT DALAM KEGIATAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI REJOSARI 03
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
UTAMI, DIAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:29:43 
Abstract :
DIAH UTAMI. NPM 19120368, ?Pengembangan Media Audio Visual Cerita Rakyat dalam Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Rejosari 03?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen Pembimbing I Prasena Arisyanto,M.Pd dan Dosen Pembimbing II Ervina Eka Subekti, S.Si.,M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang mendukung kegiatan penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Rejosari 03, karena masih ditemukannya beberapa masalah terkait pendidikan karakter. Maka dari itu, perlu adanya penguatan lagi melalui metode lain salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran salah satunya media audio visual cerita rakyat. Pengembangan media audio visual pada pendidikan karakter bertema budaya mampu mendukung dalam proses pembelajaran muatan lokal serta pembinaan karakter siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinovasi mengembangkan Media Audio Visual Cerita Rakyat dalam Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Rejosari 03 dengan rumusan masalah yaitu : Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual cerita rakyat ?Asal Mula Telaga Warna? untuk membangun karakter siswa? Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang telah ada atau menghasilkan sebuah produk. Hasil yang diperoleh dari ahli media I 100% , ahli media II 100%, dan ahli media III 91,11%. Hasil yang diperoleh ahli materi I 100% dan ahli materi II 100% dan ahli materi III 88,88% dengan kriteria ?Sangat Layak Digunakan?. Kepraktisan media diperoleh melalui angket tanggapan siswa dan guru kelas IIIB SD Negeri Rejosari 03, mendapatkan presentase 95,26% dan pada angket respon guru diperoleh presentase 100% dengan hasil sangat baik. Saran yang dapat disampaikan adalah siswa mampu menggunakan media audio visual ceita rakyat ini untuk menambah pengetahuan tentang nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat, serta guru dan akademisi dapat berinovasi mengembangkan media yang lebih menarik untuk menyampaikan pendidikan karakter kepada siswa. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Media Audio Visual, Cerita Rakyat. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang