DETAIL DOCUMENT
HASIL BELAJAR MATERI RENANG GAYA DADA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE SITES KELAS VII A DI SMP NURUL HAYAH KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Novianto, Satria Agil
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:47:54 
Abstract :
Satria Agil Novianto. ?Hasil Belajar Materi Renang Gaya Dada Menggunakan Model Discovery Learning Dengan Media Google Sites Kelas VII A di SMP Nurul Hayah Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022?. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti sebagai dengan melihat hasil belajar siswan dalam kegiatan pembelajaran renang belum optimal baik dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1). pelaksanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran renang gaya dada dengan media Google Sites, dan (2). peningkatan hasil belajar siswa dalam renang gaya dada melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan media Google Sites. Pembahasan penelitian dilakukan dengan berdasarkan pada teori efektivitas Discovery Learning, media Google Sites terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran renang gaya dada. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Jenis desain dalam penelitian eksperimen ini adalah Pre-Ekperimental Design. Bentuk Pre-Ekperimental Design yang digunakan adalah one?group pretest- postest design. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu arah (one-tailed), yaitu dengan membandingkan kemampuan hasil belajar siswa pada materi renang gaya dada antara hasil pree test dan pos test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning dan media Google Sites pada materi renang gaya dada di kelas VII A dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hal ini ditunjukkan dengan capaian hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 75,00 dengan predikat Cukup Baik atau mengalami peningkatan sebesar 24,85 digit. Capaian hasil belajar pada aspek sikap dengan predikat Baik, dengan nilai rerata kelas 84,51 atau mengalami peningkatan sebesar 24,66 digit. Sedangkan pada aspek keterampilan memperoleh nilai rerata kelas 83,87 dengan predikat Baik atau mengalami kenaikan nilai sebesar 31,27 digit. Kata Kunci: Hasil Belajar, Renang Gaya Dada, Model Discovery Learning, dan Media Google Sites 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang