DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PAIKEM TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU SD NEGERI BETOKAN 1 DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HIDAYATURROKHMAH, SHIKHA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 03:57:40 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pembelajaran Tematik Tema 8 Kelas IV pada SD Negeri Betokan 1 Demak. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Model Pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort efektif terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku SD Negeri Betokan 1 Demak? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort Efektif terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku SD Negeri Betokan 1 Demak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan Pre Experimental Design, sedangkan bentuk desain Pre Experimental Design yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Betokan 1 Demak. Sampel yang diambil adalah seluruh peserta didik IV SD Negeri Betokan 1 Demak yang berjumlah 22 orang dengan menggunakan teknik probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian yaitu observasi untuk melihat kondisi awal di lapangan dan mengetahui permasalahan yang ada di SD Negeri Betokan 1 Demak, tes digunakan untuk mengukur intelegensi, dokumentasi sebagai penguat data yang diperoleh peneliti selama observasi dan wawancara untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti. Model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk semua mata pelajaran. Model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort menjadi solusi permasalahan rendahnya hasil belajar tematik Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku SD Negeri Betokan 1 Demak. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t menunjukkan hasil thitung >ttabel yaitu 4,858 > 2,080. Kemudian untuk ketuntasan belajar Klasikal Posttest diperoleh hasil 77,27%. Maka kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort efektif terhadap hasil belajar pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri Betokan 1 Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan supaya model pembelajaran PAIKEM tipe Card Sort perlu dijadikan alternative dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan efektivitas belajar peserta didik 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang