DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD ISLAM PESANGGRAHAN SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HAMMID, FAJAR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 07:26:03 
Abstract :
FAJAR HAMMID 19120256, ?Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Kelas IV SD Islam Pesanggrahan Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023 Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perencanaan guru dalam menggunakan kurikulum merdeka belajar hal ini dikarenakan pembaharuan kurikulum yang disebabkan karena kemunduran pengetahuan dan keterampilan (learning loss) usai pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid 19. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran kurikulum merdeka di SD Islam Pesanggrahan?., 2) Apa saja faktor pendukung dalam melaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka di SD Islam Pesanggrahan?, 3) Apa saja faktor penghambat dalam melaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka di SD Islam Pesanggrahan?., 4) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam melaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka di SD Islam Pesanggrahan?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan guru dalam pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar dan untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan guru kelas IV SD Muhammadiyah 16 Semarang. Data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar membutuhkan persiapan ekstra. Guru harus menyiapkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik sedangkan setiap peserta didik memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda- beda. Faktor yang menjadi pendukung keberhasilan kurikulum merdeka belajar adalah guru, peserta didik, kepala sekolah, orang tua peserta didik dan sarana prasarana sekolah. Yang mejadi faktor penghambat adalah terlalu banyaknya komponen-komponen pembelajaran dalam satu modul ajar. Serta orang tua belum memahamibakat dan minat anak dan banyak yang perlu guru siapkan dalam merencanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah guru mengembangkan pembelajaran sesuai dengan konsep kurikulum merdeka belajar. Pihak sekolahan atau kepala sekolah dapat mengadakan pelatihan tambahan guna mendukung dan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidik. Bagi pembaca diharapkan dengan membaca skripsi ini mampu memahami bagaimana persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang