DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, DISIPLIN GURU DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Semiyem, Semiyem
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 04:06:33 
Abstract :
Semiyem. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik, Disiplin Guru dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Muhdi, S.H., M.Hum dan Pembimbing II Dr. Noor Miyono, M.Si. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru, 2) mengetahui besarnya pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru, 3) mengetahui besarnya pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru, dan 4) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, disiplin guru dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi asosiatif. Populasi penelitian ini 220 guru dan sampel penelitian 142 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Korelasi supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 0,884. Pengaruh supervisi akademik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja guru sebesar 78,1%. 2) Korelasi disiplin guru terhadap kinerja guru sebesar 0,893. Pengaruh disiplin guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap varibel kinerja guru sebesar 79,8%. 3) Korelasi iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,729. Pengaruh variabel iklim organisasi sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru adalah sebesar 73,2%. 4) Pengaruh yang signifikan supervisi akademik, disiplin guru dan iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru dengan persamaan ? = 2,125 + 0,791 X1 + 1,291 X2 + 1,036 X3. Kemudian nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,983. Hasil koefisien determinasi pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y adalah sebesar 96,7%. Simpulan penelitian ini adalah pengaruh yang signifikan supervisi akademik, disiplin guru dan iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru sebesar 96,7%. Penulis menyarankan agar kepala sekolah dapat melakukan refleksi dan evaluasi dengan meningkatkan intensitas supervisi. Kepala sekolah dapat melakukan motivasi dan pembinaan agar memacu guru untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan berorientasi pada hasil sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Kata Kunci: Kinerja guru, Supervisi Akademik, Disiplin Guru, Iklim Organisasi Sekolah 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang