DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAHUNAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nilautama, Dila
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 04:04:22 
Abstract :
Pembelajaran abad 21 mengacu kepada siswa untuk 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity) yaitu kecakapan yang harus dimiliki siswa, seperti kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis, kemampuan bekerja sama dan kemampuan berkomunikasi. Keterampilan berpikir kritis merupakan sesuatu yang harus ditanamkan kepada siswa agar siswa mampu mendalami suatu masalah dan dapat menyelesaikannya dengan efektif dan efisien. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang melibatkan siswa untuk dapat membangun pengetahuannya dan mampu memecahkan suatu permasalahan. Salah satu cara dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Tahunan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah penelitian True Experimental Design dengan menggunakan metode Pretest And Posstest Control Group. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data uji t digunakan untuk melihat perbedaan rata-rata antara dua sampel. Uji t hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Pretest diperoleh ttabel < thitung yaitu 1,66 < 6,11. Uji t hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Posttest diperoleh ttabel 1,66 < thitung 6,145. Hasil penelitian antara berpikir kritis dan hasil belajar siswa terdapat perbedaan signifikan, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Pendekatan STEM 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang