DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PENDEKATAN TPACK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JAKENAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Ma’sumah, Dina Khoiril
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 04:10:59 
Abstract :
TPACK merupakan kerangka kerja yang mengidentifikasi pengetahuan dimana guru perlu mengajar secara efektif dengan kerangka kerja teknologi. Pendekatan TPACK bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi untuk berpikir kritis terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan TPACK dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan. Subyek penelitian ini adalah kelas X-7 sebagai kelas kontrol dan X-12 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 72 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen modul ajar, soal pretest posttest, unjuk kerja, lembar kerja, lembar observasi dan lembar angket. Analisis hasil data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil angket respon siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan skor rata-rata 3,83 dalam kategori cukup, sedangkan kelas kontrol mendapat skor rata-rata 3,59 dalam kategori cukup. Hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 4,92 dengan kategori baik dan hasil observasi keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol memiliki skor rata-rata 4,67 dengan kategori baik. Analisis akhir hasil belajar diperoleh perbedaan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,83 sedangkan pada kelas kontrol nilai posttest sebesar 70,00. Nilai LKPD pada kelas eksperimen 77,66 dan kelas kontrol 76,50. Nilai unjuk kerja pada kelas eksperimen 87,50 dan kelas kontrol 79,66. Nilai presentasi kelas eksperimen adalah 91 dan kelas kontrol adalah 81,77. Pengujian analisis Uji Hipotesis dengan menggunakan uji T diperoleh thitung (63.375) > ttabel (1,666) = 0,05, HO ditolak, H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan TPACK terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Jakenan pada materi perubahan lingkungan. Kata kunci: TPACK, Berpikir Kritis, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang