DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL CASE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 GUNUNGWUNGKAL PATI TAHUN AJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nurvitasari, Septyana Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 04:15:40 
Abstract :
Septyana Dwi Nurvitasari, NPM 19410003. ?Penerapan Model Case?based Learning dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati Tahun Ajaran 2022/2023?. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ika Septiana, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Latif Anshori Kurniaawan, S.Pd., M.Pd. Juni 2023. Kata Kunci: Penerapan Model Case-based Learning, menulis surat resmi. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati, khususnya keterampilan menulis surat resmi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan keterampilan menulis surat resmi. Model yang diterapkan adalah model case-based learning. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model case?based learning dalam pembelajaran menulis surat resmi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati tahun ajaran 2022/2023? Adapun tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripkan penerapan model case- based learning dalam pembelajaran menulis surat resmi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati tahun ajaean 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik dengan sampel peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati. Hasil penerapan menunjukan bahwa penerapan model case-based learning dalam pembelajaran menulis surat resmi mampu menarik antusias peserta didik, proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak menimbulkan kebosanan. Selain itu, peserta didik mampu berpikir kritis, logis, dalam memecahkan sebuah kasus. Data yang diperoleh dalam menulis surat resmi nilai tertinggi 95, nilai terendah 50, dan jumlah keseluruhan 2255 dengan nilai rata-rata 81. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai pedoman model pembelajaran menulis surat resmi salah satunya menggunakan model case-based learning dalam upaya memperbaiki hasil belajar peserta didik dan memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan Bahasa Indonesia khususnya materi menulis surat resmi. Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran diharapakan dapat memberikan variasi dalam setiap pembelajarannya. Variasi tersebut berupa model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat tertarik dan antusias dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang