DETAIL DOCUMENT
ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA FILM UPIN DAN IPIN EPISODE TIGA (TERSENTUH HATI) DAN EPISODE EMPAT (IKHLAS DARI HATI) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
LESTARI, DINA PUJI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 04:15:51 
Abstract :
DINA PUJI LESTARI. NPM 18120061. ?Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Film Upin Dan Ipin Episode Tiga (Tersentuh Hati) Dan Episode Empat (Ikhlas Dari Hati) Bagi Siswa Sekolah Dasar?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Riris Setyo Sundari, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Karakter, Film Upin dan Ipin, Siswa SD Film animasi Upin dan Ipin sangat disukai oleh anak-anak dan remaja, anak-anak juga suka menirukan gaya bahasa dari Upin dan Ipin. Film animasi Upin dan Ipin ini mempunyai 6 nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur yang ada dalam film animasi Upin dan Ipin season lima episode tiga (Tersentuh Hati) dan episode empat (Ikhlas Dari Hati). Untuk mengetahui nilai karakter pada film Upin dan Ipin season lima episode tiga (Tersentuh Hati) dan episode empat (Ikhlas Dari Hati). Dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan film upin ipin terhadap nilai karakter anak. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan simak catat. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Doplang, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas 2 dan siswa kelas 2 SDN 1 Doplang. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display, dan conclusion drawing /verification. Temuan hasil penelitian yang didapatkan berupa adegan atau percakapan yang mengandung nilai karakter dalam film animasi Upin dan Ipin. Adapun untuk adegan yang menggambarkan nilai pendidikan karakter. Episode tiga (Tersentuh Hati) memiliki nilai karakter meliputi: Rasa Ingin Tahu, Kerja Keras, Peduli Sosial, Bersahabat/komunikatif, dan Kreatif. Sedangkan pada episode tiga (Ikhlas Dari Hati) memiliki nilai karakter meliputi: Kreatif, Kerja Keras, Peduli Sosial, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/komunikatif, dan Menghargai Prestasi. Saran yang disampaikan yaitu kepada pendidik agar selalu meningkatkan kualitas pendidikan karakter dalam diri siswa sekolah dasar dengan media yang menarik serta membimbing anak-anak dengan perkataan, Tindakan, dan teladan agar anak-anak dapat menjiwai dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari- hari. Kepada orang tua hendaknya dapat mendampingi anak-anak dalam menonton film di televisi atau gawai sehingga dapat mengontrol dan mengarahkan anak untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap film yang mereka tonton. Kepada pembelajaran, film ini mengandung 6 nilai karakter yang dapat dijadikan referensi guru untuk memberikan pembelajaran mengenai adab atau pembiasaan karakter kepada siswa-siswi terkhusus anak SD. Kata Kunci: Nilai Karakter, Film Upin & Ipin. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang