DETAIL DOCUMENT
OPTIMALISASI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIHARTATI, DIYAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:29:22 
Abstract :
Diyah Wihartati, ?OPTIMALISASI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi fakultas ilmu Pendidikan universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan bahasa ekspresif anak masih belum berkembang optimal dalam mendengarkan dan memahami cerita, berbicara dengan kalimat sederhana, bertanya dengan satu pertanyaan, menjawab pertanyaan sederhana, menceritakan kembali baik pengalaman maupun dari cerita yang didengarnya. Dari 14 peserta didik hanya 2 yang bisa menjawab pertanyaan dan bertanya, 12 anak masih diam dan belum bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana mengoptimalsasi kemampuan berbahasa ekpresif menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Muslimat N Masyithoh 25 Sokaraja yang terdiri dari 5 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbahasa ekpresif menggunakan media bercerita dengan boneka tangan, pada siklus I mencapai 44%, pada siklus 2 mencapai 86%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan bercerita menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekpresif anak di TK Muslimat N Masyithoh 25 Sokaraja. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak akan pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang