DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Zahrah, Dwi Imrianti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:41:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari tipe kepribadian Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini ada 4 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangawen yang telah digolongkna berdasarkan tipe kepribadian. Terdiri dari 1 siswa dengan tipe kepribadian rational. 1 siswa dengan tipe kepribadian idealist, 1 siswa dengan tipe kepribadian artisan, dan 1 siswa dengan tipe kepribadian guardian. Instrument utama dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir relfektif, The Kersey Temperamen Sorter (KTS) dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian rational mampu memenuhi tiga fase berpikir reflektif, yaitu fase reacting, comparing, dan contemplating. Siswa dengan tipe kepribadian idealist hanya mampu memenuhi 2 fase berpikir reflektif yaitu fase reacting dan comparing. Siswa dengan tipe kepribadian artisan, hanya mampu memenuhi 1 fase berpikir reflektif yaitu fase reacting. Selanjutnya, siswa dengan tipe kepribadian guardian mampu memenuhi 2 fase berpikir reflektif yaitu fase reacting dan comparing. Kata kunci : berpikir reflektif, fase berpikir reflektif, tipe kepribadian, tipe kepribadian David Kersey 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang