DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 JAKENAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Suriyanto, Apriza Ferdian
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 07:28:27 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Jakenan karena banyaknya waktu luang untuk siswa melakukan projek yang harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan, dalam manajemen waktunya kurang efektif karena mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Jakenan ini hanya 3 jam pelajaran, dalam pembelajaran teori dilakukan pada saat di luar kelas dengan hanya menjelaskan sekilas pada saat awal pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed methods. Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian dengan mengembangkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Menurut Creswell penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan Angket/ kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian. Hasil dari wawancara guru dan kepala sekolah menunjukkan hasil yang baik terhadap implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Jakenan. Berdasarkan tabel dan diagram hasil penelitian kuesioner kelas XI 2,3,4,5,10,11 mendapatkan data seperti Keterampilan gerak 63,12%. Pengetahuan gerak 63,42%. Pemanfaatan gerak 76,44%. Pengembangan karakter 80,07%. Pembelajaran pancasila 90,71%. Artinya dapat dinyatakan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PJOK sudah berjalan dengan baik menurut data yang saya ambil tersebut. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Penerapan kurikulum merdeka pada seluruh siswa SMA Negeri 1 Jakenan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, maka dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan kurikulum merdeka belajar dapat dikatakan baik pada beberapa aspek pembelajaran seperti aspek keterampilan gerak, aspek pengetahuan gerak, aspek pemanfaatan dan pengembangan gerak ataupun dari aspek penguatan profil pancasila. Saran bagi lembaga SMA Negeri 1 Jakenan melakukan sosisalisasi kembali kepada orang tua siswa agar senantiasa memperhatikan pendidikan bagi anak, bagi guru atau tenaga pendidik agar senantiasa memberikan suasana yang nyaman bagi siswa. Dari hasil keseluruhan juga terlihat minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa kurikulum merdeka sangat tinggi, sehingga pelaksaan pembelajaran bisa dilaksanakan dengan baik dan terus ditingkat lagi. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Penjas. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang