DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 30 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PAMUNGKAS, DWI RANGGA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:44:10 
Abstract :
DWI RANGGA PAMUNGKAS NPM 19110178. ?Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 30 Semarang?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Peserta didik sering kali melakukan apa saja dan berperilaku sesuai dengan harapan teman-temannya, namun kadang sebenarnya mereka enggan melakukannya, keadaan seperti ini dipicu oleh keinginan peserta didik untuk diakui dan diterima dalam kelompok peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training efektif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik kelas VIII di SMPN 30 Semarang. Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen dengan metode kuantitatif dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik yang dikelompokan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 10 peserta didik dan pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument skala dengan 4 alternatif jawaban. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Paired Sampel T-test dengan bantuan IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku asertif peserta didik sebelum diberi Teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok memiliki nilai rata- rata pre-test 45.80 dan setelah diberi layanan konseling kelompok dengan Teknik assertive training nilai rata-rata post-test nya menjadi 54.00. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat dikatakan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik. Kata kunci: Konseling Kelompok, Assertive Training, Perilaku Asertif, Peserta didik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang