DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS MELALUI PROYEK PEMBUATAN MAINAN GERABAH DI TK AL MADINAH DESA KALIKONDANG KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RATNASARI, DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:46:34 
Abstract :
DWI RATNASARI NPM 21156049 ?Upaya Meningkatkan Kreativitas Motorik Halus Melalui Proyek Pembuatan Mainan Gerabah di TK Al Madinah Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2022/2023?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak dalam motorik halusnya, seperti menggunting, memegang crayon/pensil, membentuk benda dengan plastisin dan meronce sebagian besar mereka masih kesulitan dan masih membutuhkan bantuan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas motorik halus anak melalui proyek pembuatan mainan gerabah di TK Al Madinah Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini sebanyak 15 anak kelompok A di TK Al Madinah Kalikondang Demak tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode proyek pembuatan mainan gerabah dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak pada kelompok A di TK Al madinah Kalikondang Demak dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut : kondisi awal sebelum menggunakan metode proyek kreativitas motorik halus anak masih rendah sekali hanya sebesar 34% pada kritera BSH. Pada siklus I kreativitas motorik halus anak meningkat 53% pada kriteria BSB. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan metode yang sama yaitu dengan metode proyek pembuatan mainan gerabah dapat meningkatkan kreativitas motorik halus anak meningkat menjadi 86% pada ktiteria BSB dan sudah melebihi indikator yang ingin dicapai. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Anak TK lebih optimal dalam menggunakan metode proyek untuk meninngkatkan kreativitas mototrik halus ataupun motorik kasar anak. Kunci : Metode Proyek, kretaivitas motorik halus. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang