DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Putri, Shelky Rhafelia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:52:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah open ended ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Wedarijaksa tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII E yang selanjutnya dipilih sebagai fokus penelitian yaitu 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik yang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket gaya belajar, tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian kemampuan koneksi matematis menurut indikator NCTM (2018) yakni indikator koneksi matematis antar konsep matematika, indikator koneksi matematis dengan bidang studi lain dan indikator koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari menunjukkan: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar visual subjek LSA dan ADF mampu memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis. (2) Kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar auditorial subjek EPR dan SPR mampu memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematis. (3) Kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik subjek RA dan RI mampu memenuhi tiga indikator kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, pemecahan masalah open ended, gaya belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang