DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
NURAINI, SITI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:52:00 
Abstract :
Identifikasi masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa dan siswa masih belum didekatkan pada pembelajaran kontekstual di kelas IV SD 2 Tempurejo selama proses pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pembagian bilangan cacah. Belum dikembangkannya pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi operasi hitung pembagian bilangan cacah. Dalam pembatasan masalah ini lebih diarahkan pada penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik yang digunakan untuk hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pembagian bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada operasi hitung pembagian bilangan cacah peserta didik yang diajarkan menggunakan pendidikan matematika realistik Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental Design. Desain penelitian menggunakan One Only Group Prettest Postest. Pada variabel bebas penelitian menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pada variable terikat menggunakan kemampuan mengatasi rendahnya hasil belajar matematika pada operasi hitung pembagian bilangan cacah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV salah satu SD 2 Tempurejo di Kabupaten Blora. Sampel penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji ?t?. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada operasi hitung pembagian bilangan cacah di kelas IV sekolah dasar. Dibuktikan dengan menggunakan uji ?t? di peroleh hasil hitung nilai thitung pada equal variances assumed sebesar 105,00. Tabel statistik signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 7,00, diperoleh ttabel sebesar 1,74588. Jika -thitung < -ttabel atau thitung > ttabel atau jika nilai signifikansi < 0,05 maka H1 ditolak. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung 105,00 > ttabel 1,745 atau -105,00 < -1,745, dan nilai signifikansi pada sig.(2-tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) maka H1 diterima. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu memberikan sosialisasi kepada guru dengan harapan guru kelas mampu mengetahui bahwa Pendekatan Matematika Realistik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dan mendorong agar guru kelas mampu memberikan pembelajaran menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang