DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA FACEBOOK GROUP PASAR WELERI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Kumalaningrum, Dyah Kintan
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-01-19 06:51:45 
Abstract :
Dyah Kintan Kumalaningrum, ?Analisis Penggunaan Sosial Media Faceboook Group Pasar Weleri Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM?. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Peendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial facebook group untuk meningkatkan penjualan produk UMKM, hambatan apa saja yang dihadapi dalam penggunaan media sosial facebook group serta usaha untuk menanggulangi hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran pemanfaatan media sosial facebook group, serta hambatan apa saja yang dihadapi dalam penggunaan media sosial facebook group. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari empat informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sosial media facebook group terhadap penjualan UMKM meliputi startegi informasi, merancang promosi, membangun komunitas, sedangkan kendala dalam penggunaan media sosial facebook group ada pada manajemen sdm toko, konsumen, dan produk. Serta solusi untuk menanggulangi hambatan dalam penggunaan media sosial facebook group. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaku UMKM sangat memanfaatkan adanya media sosial facebook group untuk memasarkan produknya. Dengan kemudahan media sosial pelaku UMKM sangat mudah mengenalkan produk nya, selain kemudahan juga ada beberapa kendala yang dirasakan pelaku UMKM seperti SDM, konsumen dan produk. Saran yang diberikan untuk pelaku UMKM adalah rajin dan konsisten dalam melakukan kegiatan promosi, banyak berinteraksi kepada pelanggan atau UMKM lain di media sosial facebook group, saling merekomendasikan masyarakat mengenai produk-produk UMKM, menjalin hubungan yang baik kepada pelanggan dan pelaku UMKM. Kata kunci : facebook, promosi, pelaku usaha 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang