DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK GAMBAR (TeBar) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI TK TUNAS HARAPAN DESA PUCANGREJO KECAMATAN GEMUH – KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SYATITI, DYAH MEITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 06:54:15 
Abstract :
DYAH MEITA SYATITI, 19150006, ?Efektivitas Permainan Tebak Gambar (Tebar) Terhadap Minat Belajar Anak Di TK Tunas Harapan Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh-Kendal?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Mila Karmila, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Dr. Ir. Anita Chandra Dewi Sagala, M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) Minat belajar anak di sekolah yang masih menggunakan metode klasikal masih kurang. 2) Kurangnya variasi kegiatan bermain dan belajar anak sehingga kurang menarik minat belajar anak dan anak mudah teralihkan dengan kegiatan lain. 3) Pendidik lebih mendominasi sehingga kurang adanya interaksi atau kerja sama antara siswa dengan siswa ataupun siswa dengan guru. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah permainan tebak gambar efektif berpengaruh terhadap minat belajar siswa di TK Tunas Harapan?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah membuktikan apakah permainan tebak gambar (tebar) efektif berpengaruh terhadap minat belajar anak di TK Tunas Harapan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap selama 6 hari yang dimulai dari tanggal 31 Mei 2023 sampai tanggal 10 Juni 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A di TK Tunas Harapan Desa Pucangrejo-Kendal yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data statistik inferensial. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan observasi. Hasil analisis data minat belajar pada uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada variabel minat belajar sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima yang artinya media pembelajaran Tebak Gambar (TeBar) efektif berpengaruh terhadap minat belajar siswa TK Tunas Harapan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah permainan tebak gambar (tebar) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat di terapkan oleh guru dikelas. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang