DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA GARIS BILANGAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ROKHAYATUN, SITI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:02:28 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal kesulitan belajar matematika siswa kelas III SD Negeri di Kecamatan Purwodadi di lihat dari kemampuan menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. Fokus penelitian ini membahas kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal kesulitan penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. (2) Untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru kelas III SD Negeri di Kecamatan Purwodadi. Prosedur pengumpulan data ini menggunakan tes, wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendukung dalam memperoleh data yaitu tes, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan siswa kelas III SD Negeri di Kecamatan Purwodadi meliputi: (a) kesulitan memahami konsep, dan (b) kesulitan menyelesaikan masalah. (2) Faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan yaitu (a) faktor internal yaitu seperti aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. (b) Faktor eksternalnya seperti lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Saran dalam penelitian ini: (1) kepada siswa yaitu ketika mengerjakan tes sebaiknya bisa lebih teliti lagi agar tidak mengalami kesalahan dalam pengerjaan tes, kesalahan-kesalahan yang dialami oleh siswa dapat menjadi pembelajaran bagi siswa agar tidak melakukan kesalahan lagi dalam mengerjakan tes penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. (2) Bagi guru sebaiknya menyususun perangkat pembelajaran berdasarkan kesulitan yang dialami siswa saat mempelajari materi penjumlahan bilangan cacah pada garis bilangan. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang