DETAIL DOCUMENT
DESAIN PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP BERKONTEKS RUMAH GARAM BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Rahmawati, Eka
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:13:29 
Abstract :
Teorema Pythagoras merupakan salah satu materi pada geometri dan mempunyai kaitan yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak siswa kesulitan memahami konsep dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep teorema Pythagoras menggunakan konteks Rumah Garam berbantuan video interaktif di kelas VII SMP Negeri 2 Pegandon. Lintasan belajar ini terdiri dari empat aktivitas, yaitu: (1) mengamati video untuk menemukan konsep, rumus dan menyelesaikan masalah kontekstual terkait teorema Pythagoras; (2) menemukan konsep dan menyelesaikan masalah kontekstual terkait panjang salah satu sisi segitiga jika dua sisinya diketahui; (3) menentukan konsep dan menyelesaikan masalah kontekstual terkait jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya; (4) menemukan, memeriksa, dan menyelesaikan masalah kontekstual terkait pola bilangan triple Pythagoras. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi teorema Pythagoras. Kata kunci: Teorema Pythagoras, Design Research, PMRI, Rumah Garam 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang