DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP CINDE SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
LESTARI, EKA WAHYU
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:15:43 
Abstract :
Eka Wahyu Lestari. NPM. 19110198. Skripsi. Maret 2023. ?Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Cinde Semarang?. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra.Wiwik Kusdaryani, M.Pd dan Pembimbing II Desi Maulia, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami oleh peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang, yaitu 1) Peserta didik belum memiliki kemauan atau inisiatif untuk belajar, 2) Peserta didik merasa kurang bersemangat dalam belajar, 3) Peserta didik belum dapat bertanggung jawab atas tugas belajarnya, 4) Peserta didik belum dapat mengarahkan dirinya guna untuk mencapai tujuan belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media audiovisual dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan model penelitian pretest posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang yang berjumlah 45 peserta. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Cinde Semarang dengan jumlah 22 peserta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala kemandirian belajar yang berisi pernyataan-pernyataan faviorable dan unfaviorable. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji pairet sampel t- test. Implementasi layanan bimbingan klasikal dengan media audiovisual dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII di SMP Cinde Semarang dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni: 1) tahap awal, 2) tahap inti, 3) tahap akhir. Hasil uji hipotesis , diperoleh hasil signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikasi antara variabel awal (pretest) dengan variabel akhir (posttest). Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan terhadap sikap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Cinde Semarang setelah diberikan tindakan atau perlakuan yaitu implementasi layanan bimbingan klasikal dengan media audiovisual. Kata Kunci: Bimbingan klasikal, media audiovisual, kemandirian belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang