DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SDN PANDEANLAMPER 05 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HANDAYANTI, ELI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:20:18 
Abstract :
ELI HANDAYANTI. NPM 19120372. ?Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran IPA masih menekankan penghafalan konsep materi dan siswa kurang berani menyampaikan pendapat siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya model pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran Inquiry efektif terhadap ketarampilan berpikir kritis?, 2) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry?, 3) Apakah model pembelajaran Inquiry efektif terhadap keterampilan berpikir kritis IPA? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One-group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Pandeanlamper 05 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas VA dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan berbentuk Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes dan angket. Hasil analisis angket keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata angket sebesar 79,64 dengan meiliki tingkat keterampilan berpikir kritis dalam kategori ?tinggi?,, serta berdasarkan uji t didapatkan sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Inquiry efektif terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen diketahui persentase ketuntasan 80%. Dapat disimpulkan bahawa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya hasil uji N-Gain didapatkan nilai ternormalisasi 0,514 dengan kategori sedang. Dengan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran inquiry dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang