DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI HABITUASI DI KELAS IV SD ISLAM SJARIFUDIN KABUPATEN KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Asfika, Shofi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:24:40 
Abstract :
SHOFI ASFIKA. NPM 19120049. ?Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Habituasi di Kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Duwi Nuvitalia, S.Pd, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Dr. Lina Putriyanti, S.Pd, M.Pd. Maret 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dari Kemendikbud yang tertuang pada Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 terkait Profil Pelajar Pancasila yang dalam praktik di lapangan masih belum mencapai tahap ideal. Masifnya degradasi moral pada jenjang SD menjadi problematika kompleks yang harus segera dibendung dan diatasi bersama. Oleh sebab itu, maka dibutuhkannya pendidikan karakter untuk memperbaiki akhlak atau tabiat siswa agar mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan karakter menjadi tonggak paling tertinggi dalam mengarungi ilmu kehidupan. Fokus penelitian ini, di antaranya: (1) bagaimanakah implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, (2) bagaimakah peranan guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, (3) apa saja faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, (4) apa saja faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, dan (5) apa saja program penunjang pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal, (2) peranan guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal, (3) faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal, (4) faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di kelas IV SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal?, dan (5) program penunjang pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal Kabupaten Kendal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, guru kelas IV/Waka kurikulum, guru bidang kesiswaan, dan kepala SD Islam Sjarifudin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter profil pelajar Pancasila melalui habituasi di SD Islam Sjarifudin, di antaranya: (1) pembiasaan membaca zikir pagi dan asmaul husna bersama, (2) melaksanakan salat Zuhur berjamaah dan salat Duha tepat waktu, (3) menghafal Al-Quran, (4)_mempelajari lintas bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris, (5)_menggunakan produk buatan dalam negeri, (6)_pembiasaan piket kelas bersama, (7) mengerjakan tugas sendiri, (8) pembiasaan mencuci piring setelah makan siang, (9) aktif berpendapat, dan (10) membuat telur asin khas Kendal. Selanjutnya, hasil angket dan lembar observasi menunjukkan tingkat implementasi pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang dijalankan sudah membudaya dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 82,22%. Namun, khusus nilai karakter kreatif masih dalam kategori mulai berkembang. Faktor penghambat dalam menerapkan habituasi karakter Profil Pelajar Pancasila, di antaranya: sarana prasarana yang kurang mendukung, tingkat kesadaran siswa masih rendah, keterbatasan guru dalam mendesain RPP/modul ajar, dan faktor lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung. Upaya dukungan yang ada yaitu adanya tata tertib untuk warga sekolah, integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah, dan adanya program kegiatan penunjang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapatkan adalah pihak sekolah diharapkan dapat memberikan monitoring dan evaluasi terhadap perkembangan penguatan pendidikan karakter, siswa hendaknya selalu mengikuti program kegiataan di sekolah, orang tua hendaknya membiasakan pendidikan karakter dan memberi tauladan yang baik di rumah, dan bagi pembaca diharapkan dapat mengembangkan inovasi penelitian ini ke arah yang lebih baik daripada penelitian sebelumnya. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Habituasi, Profil Pelajar Pancasila (4)_mempelajari lintas bahasa asing, yaitu 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang