DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMP N 2 BUMIAYU
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Yulloh, Shopie
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:28:18 
Abstract :
Shopie Yulloh ?Upaya Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di SMP N 2 Bumiayu? Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini di latar belakangi lemahnya katakter peserta didik seperti tidak sopan, kurangnya menghargai siswa terhadap guru, kurangnya sikap disiplin pada siswa dan perilaku siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik di SMP N 2 Bumiayu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP N 2 Bumiayu,Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan moral yaitu membimbim dan memberikan contoh moral yang baik kepada siswa untuk di teladani sebagai suatu moral yang baik. 2). Macam kegiatan yang di lakukan Guru PPKn yaitu dengan mengajarkan sebelum memulai pelajaran berdo?a terlebih dahulu, menyayikan lagu Indonesia raya,mengajarkan saling menghargai perbedaan. kegiatan yang dilakukan adalah selalu masuk kelas dengan tepat waktu, berdo?a sebelum memulai pelajaran, tidak membedakan siswa yang pintar dan kurang pintar, mengajarkan kejujuran, sikap berani dan sportif. 3). Faktor pendukung guru PPKn yaitu mengajarkan sopan satun, kedisiplinan, kejujuran, menghargai dan menyayangi sesama, 4). Faktor penghambat yaitu siswa yang keluar masuk kelas, ngobrol di dalam kelas, ribut dan bolos karena tidak semua siswa selalu bersikap baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kesimpulan penelitian ini, membimbing siswa untuk diteladani sebagai suatu moral yang baik, berdoa sebelum memulai pelajaran, mengajarkan sopan santun dan kedisiplinan. Saran yang peneliti sampaikan kepada guru yaitu mengoptimalkan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa supaya dapat menerapkan sikap moral yang baik. Kata Kunci : Upaya guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, kecerdasan moral, model pembelajaran kontekstual. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang