DETAIL DOCUMENT
PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Octavia, Maya
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2024-01-19 07:35:09 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan computational thinking siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu 4 siswa dari kelas IX-A SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran 2022/2023, terdapat 30 subjek penelitian dan diambil dari angket EPQ-R yang terdiri dari 2 siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa dengan tipe kepribadian introvert. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada angket tes EPQ-R. Pengumpulan data yang dilakukan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu dilakukan dengan cara mengecek data dari sumber yang sama dan teknik yang berbeda. Hasil tes dan wawancara mengacu pada indikator computational thinking. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dekomposisi atau mengidentifikasi informasi dan pertanyaan pada permasalahan yang ada pada soal tidak mampu dipenuhi oleh kedua tipe kepribadian baik tipe kepribadian extrovert maupun introvert (2) Pengenalan pola atau cara mengenali pola atau karakteristik pada permasalahan yang ada pada soal hanya mampu dipenuhi dengan tipe kepribadian introvert (3) Algoritma atau proses langkah-langkah yang logis mampu dipenuhi 2 tipe kepribadian yaitu extrovert dan introvert (4) Generalisasi pola atau menyebutkan pola umum dari persamaan atau perbedaan dan menarik kesimpulan tidak mampu untuk dipenuhi kedua tipe kepribadian. Siswa dengan tipe kepribadian extrovert memenuhi satu dari indikator kemampuan computational thinking yaitu algoritma, sedangkan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert mampu memenuhi dua dari empat indikator yaitu pengenalan pola dan algoritma. Kata Kunci : Computational thinking; Pemecahan masalah; Extrovert; Introvert 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang