DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nurhafida, Silky
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:36:07 
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen? (2) bagaimana design tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen? (3) bagaimana pengembangan model tes diangnostik pada penerapan kurikulum merdeka yang layak dalam mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen? Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen; (2) mendeskripsikan design tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen; (3) menganalisis pengembangan tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka yang layak dalam mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), Pendekatan model penelitian menggunakan ADDIE dari Dick and Carry, yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Prosedur pengembangan mulai dari analisis sampai development. Subjek penelitian kelas VII. Teknik analisis data formula V Aiken. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan (1) tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen yang selama ini dilaksanaka sudah sesuai dengan kurikulum sebelumya yaitu, KBK, KTSP, kurikulum 2013. Hasil analisis validasi instrumen tes diagnostik matematika pada materi bilangan bulat diperoleh hasil yang sangat tinggi dengan perolehan nilai indeks validiasi Aiken (V) sebesar 0,81 berada pada rentang 0,80-1,00; (2) Design tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen diperoleh design dengan fitur mulai dari capaian pembelajaran matematika Fase D, tujuan pembalajaran, indikator, ATP, kisi-kisi, soal tes, kunci jawaban, dan validasi instrumen soal tes diagnostik; (3) Pengembangan model tes diagnostik pada penerapan kurikulum merdeka yang layak dalam mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen diperoleh fitur yang lingkupnya meliputi: kurikulum merdeka, struktur kurikulum, pembelajaran matematika, pembelajaran defensiasi, perangkat ajar (capaian, atp, modul ajar), asesmen mata pelajaran matematika, tes diagnostik, validasi instrumen tes diagnostik, analisis hasil validasi instrumen diagnostik, instrumen soal tes diagnostik bilangan bulat yang siap pakai. Kata Kunci: Pengembangan, Tes Diagnostik, Kurikulum Merdeka. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang