DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENGATASI LEARNING LOSS PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAAN TILIK SENTRA DI KB ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Aprelinda, Silviana Fita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:43:33 
Abstract :
SILVIANA FITA APRELINDA NPM 20156023 ?Upaya mengatasi Learning Loss Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Strategi Pembelajaran Tilik Sentra di KB Islam Hidayatullah Semarang Tahun Ajaran 2022/2023? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh Munawar, S.Pi,.M.Pd,. Dosen Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa pada saat pandemi mengalami learning loss. Masalah dalam penelitian ini tentang Upaya mengatasi Learning Loss Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Strategi Pembelajaran Tilik Sentra di KB Islam Hidayatullah Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi learning loss pada siswa KB Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 10 siswa Kelompok KB 2 di KB Islam Hidayatullah Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan 6 aspek perkembangan siswa pada siklus I siswa yang berkembang sesuai harapan mencapai presentase 40% yaitu 4 siswa yang berkembang sesuai harapan siklus II naik mencapai 80% yaitu 8 siswa. Upaya mengtasi learning loss melalui stategi tilik sentra mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan mengatasi learning loss meningkat melalui stategi pembelajaran tilik sentra di KB Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya dalam mengatasi learing loss melalui strategi pembelajaran tilik sentra dan melihat kemampuan 6 aspek perkambangan siswa, bahwa melalui pembelajaran tilik sentra dapat mengatasi learning loss di KB Islam Hidayatullah Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya dalam mengatasi learning loss pada siswa KB Islam Hidayatullah melalui strategi pembelajaran tilik sentra lebih optimal, pada kegiatan belajar dan bermain, untuk lebih meningkatakan permainan yang berbasis proyek. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang