DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PINTER AKSARA JAWA (PIRAWA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Afiana, Sinta Dina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 07:59:25 
Abstract :
SINTA DINA AFIANA. NPM 19120026. ?Pengembangan Media Kotak Pinter Aksara Jawa (Pirawa) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang digunakan hanya ceramah dan penugasan yang mengakibatkan siswa tidak semangat dan motivasi belajar siswa rendah. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Kotak Pirawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar?, 2) Apakah media pembelajaran Kotak Pirawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar layak digunakan?, 3) Apakah media pembelajaran Kotak Pirawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar praktis digunakan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur mengembangkan media Kotak Pirawa, mengetahui kelayakan, dan kepraktisan media Kotak Pirawa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and Development (RnD). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gondang 03 Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa media Kotak Pirawa dinyatakan layak digunakan dengan perolehan persentase skor hasil validasi media sebesar 100% dengan kriteria sangat baik dan nilai validasi ahli materi sebesar 95,7% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil angket respon guru sebagai hasil analisis kepraktisan media memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 100% kategori sangat baik, sedangkan perolehan persentase angket respon siswa kelas IV SD Negeri Gondang 03 yaitu 99% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang didapatkan disimpulkan bahwa media Kotak Pirawa layak dan praktis digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah supaya media pembelajaran Kotak Pirawa dapat digunakan sebagai kajian dalam mengembangkan emdia pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa, dan media Kotak Pirawa dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan untuk di uji keefektifan media. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang