DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL IPA BERBASIS STEM UNTUK SISWA KELAS IV MATERI KEMAGNETAN DAN GAYA PADA FASE B DI SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIBOWO, FAJAR SETYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-19 08:07:12 
Abstract :
Fajar Setya Wibowo, ?Pengembangan Instrumen Soal Berabasis STEM untuk Siswa Kelas IV Materi Kemagnetan dan Gaya Pada Fase B Di SD?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen Pembeimbing I Dr. SitiPatonah, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Sukamto,S.Pd.M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah Pentingnya asesmen awal sebelum merancang pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Tidak adanya instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA yang layak digunakan dalam menilai proses pembelajaran IPA menyebabkan kurang maksimalnya dalam proses penilaian. pengajar menyadari benar sesungguhnya akal budi kritis sangatlah penting, namun dalam kenyataannya pengajar mempunyai instrumen yang bisa mengukur sekaligus melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinovasi mengembangkan produk instrumen soal IPA berbasis STEM dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah karakteristik instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada materi kemagnetan dan gaya? (2) Bagaimanakah kualitas (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda) instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada materi kemagnetan dan gaya? Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan karakteristik instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada materi kemagnetan dan gaya. (2) Mendeskripsikan kualitas (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda) instrumen soal berbasis STEM siswa kelas IV pada materi kemagnetan dan gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and Development (RnD), model penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan Brog and Gall yaitu Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Test, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Dari hasil validasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan seluruh butir soal memiliki kategori validitas sedang s.d. tinggi untuk indeks Aiken (0.76 s.d. 0.8). Sedangkan berdasarkan analisis Rasch Model, nilai Measure(-1.88s.d.2.20), nilai Model SE (0.20s.d.0.30) nilai Outfit MNSQ (0.67s.d.1.30), nilai Outfit ZSTD (-2.9 s.d. 1.9 ), nilai Pt mean core(0.20 s.d. 0.61), reliabilitas item dan person (0.94 dan 0.50) sedangkan Cronbach Alpha (0.62). hasil penelitian, dapat disimpulankan bahwa butir soal dapat digunakan sebagai asesmen awal mata pelajaran IPAS. Kata Kunci : Instrumen, STEM, Pengembangan. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang