DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK AL AMIRIYAH KABUPATEN TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MAYANGSARI, MEGA DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:04:34 
Abstract :
MEGA DWI MAYANGSARI. NPM 1711002. ?Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr.Arri Handayani,S.Psi,M.Si. Pembimbing II: Dr.Chr.Argo Widiharto,S.Psi,M.Si. 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa yang ditunjukkan dengan siswa kebingungan dalam pemilihan karirnya, akan melanjutkan studi lanjut keperguruan tinggi atau bekerja, masih banyak siswa memilih jenis karir mengikuti teman-temannya, siswa juga masih belum paham bakat dan minat yang dimilikinya, dan siswa juga memiliki penilaian diri yang tinggi tentang pekerjaan yang dipandang oleh siswa seperti gaji yang tinggi. Tidak hanya kebingungan dalam merencanakan karir, siswa juga kebingungan terhadap konsep dirinya, siswa merasa dirinya mudah menyerah, merasa gagal, merasa belum mengetahui bakat dan potensi yang dimiliki serta kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki oleh siswa, sehingga menjadikan siswa kebingungan terhadap pemilihan karirnya. Masalah pokok yang dikaji adakah hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Siswa belum memiliki perencanaan karir yang jelas, 2) Siswa memiliki konsep diri yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 100 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala pskilogis konsep diri dan perencanaan karir. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel perencanaan karir dan konsep diri siswa memiliki koefisien korelasi 30,9%. Oleh karena itu, tandanya hubungan yang baik dari perencanaan karir dengan konsep diri siswa kelas XI SMK Al Amiriyah Kabupaten Tegal, semakin baik perencanaan karirnya semakin baik juga kemampuan literasi digitalnya, begitupun sebaliknya semakin rendah perencanaan karir semakin rendah pula kemampuan literasi digitalnya. Berdasarkan hasil peneltian ini saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu: hendaknya pihak sekolah meningkatkan langkah-langkah konkrit dalam memberikan layanan mengenai bimbingan karir untuk membantu siswa yang masih kebingungan dalam merencanakan karir. Kata Kunci: Perencanan Karir, Konsep Diri 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang